A. Nama, Nasab, dan Kelahiran Beliau
Nama
  beliau adalah Abu 'Abdurrahman Ahmad bin Syu'aib bin 'Ali bin Sinan 
bin  Bahr bin Dinar al-khurasany an-Nasa'i. Beliau dilahirkan pada tahun
 215  H di  Nasa yaitu sebuah wilayah yang terletak di Khurasan.
B. Perjalanan Beliau dalam Menuntut Ilmu
Beliau
  memulai perjalanannya dalam menuntut ilmu ke Naisabur, kemudian 
berguru  kepada Ishaq bin Rahawaih, Abu al-Husain bin Manshur, Muhammad 
bin  Rafi' dan sahabat-sahabat mereka. Kemudian pergi ke Baghdad dan 
berguru  kepada Qutaibah bin Sa'id selama satu tahun lebih dua bulan 
pada tahun  235 H. Lalu melanjutkan perjalanan ke kota Moro dan berguru 
pada 'Ali  bin Hajar dan selainnya. Setelah itu, menuju Iraq dan belajar
 pada Abu  Kuraib dan sahabat-sahabatnya. Kemudian menuju Syam dan 
belajar pada  para ulama' yang ada di sana. Kemudian menuju Mesir untuk 
belajar pada  para ulama' yang ada di sana sehingga menjadi seorang 
ulama.
C. Guru-guru Beliau
Beliau
  telah meriwayatkan dalam kitab sunannya dari 334 syaikh dan di 
kitabnya  yang lain dari 114 syaikh selain yang disebutkan dalam kitab 
Sunan  Nasa-i. Sehingga secara keseluruhan beliau telah meriwayatkan 
dari 448  syaikh. Adapun diantara guru-gurunya tersebut adalah sebagai 
berikut:  Qutaibah bin Sa'id, Ibnu Rahawaih, 'Ali bin Hujr, Hisyam bin 
'Ammar, Abu  Dawud as-Sijistani, Imaam Ahmad bin Hambal, dan masih 
banyak lagi yang  lainnya.
D. Murid-murid Beliau
Banyak
  para ulama' yang telah belajar darinya, antara lain: Abul Qasim  
ath-Thabrani, Abu Ja'far ath-Thahawi, al-Hafidz Abu 'Awanah, Abu Ja'far 
 al-'Aqili, Abu 'Ali bin Harun, Abu 'Ali an-Naisaburi, Abu Sa'id bin  
Yunus, Abu Hatim Muhammad bin Hibban al-Busti, dan masih banyak lagi  
yang lainnya.
E. Tulisan-tulisan Beliau
Beliau
  memiliki banyak karya tulis yang bermanfaat, antara lain : as-Sunan  
al-Kubra dan as-Sughra, Khasha-ishu 'Ali wa Musnad 'Ali, Musnad Malik,  
Amalu Yaumin wa Lailatin, Asma' ar-Ruwati wa at-Tamyiz Bainahum wa  
adh-Dhu'afa' wa al-Matrukin, al-Ukhuwah, Fadha-il ash-Shahabah, Manasik 
 al-Hajj, dan lain-lain.
F. Pujian Para Ulama kepada Beliau
Ibnu
  Katsir berkata dalam kitab tarikhnya : “Telah nampak dari karya tulis 
 Imam Nasa-i tentang hafalan, daya ingat, kejujuran, keimanan, dan  
kedalaman ilmunya”.
Al-Hafidz
  Abu Ya'la al-Khalili berkata : “Para huffadz ridho kepadanya, mereka  
pun sepakat akan kuatnya ingatan dan hafalannya, dan perkataannya dalam Al-Jarhu (celaan) dan Ta'dil (rekomendasi) dijadikan sandaran”.
Ad-Daruquthni berkata : “Abu Abdurrahman tokoh bagi para pakar ahli hadits pada masanya”.
Ibnu
  'Adi berkata : “Aku telah mendengar Manshur al-Faqih dan Abu Ja'far  
ath-Thahawi berkata : Abu Abdurrahman termasuk imam diantara imam-imam  
kaum muslimin”.
Qasim al-Mutharraz berkata : “Beliau adalah imam atau berhak untuk menjadi imam”.
G. Wafat Beliau
Menjelang
  akhir hayatnya, beliau keluar dari Mesir menuju Damaskus. Ketika di  
sana beliau ditanya tentang Mu'awiyah, beliau menjawab dengan jawaban  
yang tidak sesuai dengan kehendak mereka. Mereka pun menganiaya,  
memukuli dan mengeluarkan beliau dari masjid. Kemudian beliau dibawah ke
  Makkah dan meninggal di sana pada bulan sya'ban 303 H.
Sumber Rujukan
1. Imam Nasa-i.1999. Sunan nasa-i. Riyadh: Darussalam
2. Jalaluddin as-Suyuti. 1994. Sunan an-Nasa-i bi syarhi al-hafidz Jalaluddin as-Suyuti. Beirut: Darul Ma'rifah
Disusun oleh : Abu Hisyam Liyadi
  
Mahasiswa STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar