Minggu, 30 September 2012

ADAB-ADAB GURU DAN MURID


ADAB GURU DAN MURID

 
Baik guru maupun murid memiliki adab-adab yang harus diperhatikan. Diantaranya ada yang diperuntukkan bagi keduanya dan ada juga yang khusus untuk salah satu pihak.

A. Adab-adab bagi Guru dan Murid
  1. Mengikhlaskan niat hanya untuk Alloh, yaitu dengan berniat mempelajari ilmu dan mengajarkannya dalam rangka mendekatkan diri kepada Alloh dengan cara menjaga dan menyebarkan syariat-Nya serta menghilangkan kebodohan dari diri sendiri dan orang lain.
  2. Mengamalkan ilmu yang telah dimiliki.
  3. Berhias dengan akhlak yang mulia. Diantaranya : jujur, sabar, pemaaf, adil, menepati janji, berbakti kepada orang tua dan berbagai akhlak yang dipuji oleh syariat.
  4. Menjauhi akhlak yang buruk. Diantaranya : suka mencela, mencuri, berbohong, bakhil, hasad, ingkar janji dan berbagai akhlak yang dicela oleh syariat.
B. Adab-adab Khusus untuk Guru
  1. Bersemangat untuk menyebaarkan ilmu melalui berbagai media yang ada.
  2. Bersabar atas segala gangguan dan interaksi yang buruk dari para murid, dan senantiasa memberikan pengarahan, bimbingan dan peringatan dengan cara yang bijaksana.
  3. Mejadi panutan bagi para murid dalam hal agama dan akhlak.
  4. Menggunakan metode terarah dan termudah dalam menyampaikan ilmu. Hendaknya memperhatikan metode penyampaian, menjelaskan kandungan ilmu dan menumbuhkan kecintaan murid terhadap kebenaran dan ilmu.
  1. Adab-adab Khusus bagi Murid
1. Mengerahkan segala daya dan upaya untuk memperoleh ilmu.
2. Mempelajari ilmu mulai dari yang paling penting yang dibutuhkan baik dalam urusan agama mauupun dunia.
3. Bersikap tawadhu' (rendah hati) dalam mencari ilmu, yaitu tidak bersikap sombong untuk mencari faedah ilmu dari siapa pun.
4. Menghormati dan menghargai guru sesuai dengan kedudukannya tanpa diiringi sikap ghuluw (berlebih-lebihan) ataupun taqshir (kurang ajar).
5. Bersemangat untuk mengulang, memperkokoh dan menghafal ilmu yang telah dipelajari di dalam dada maupun tulisan.
6. Bersabar atas sikap keras, kasar, serta bentakan yang terkadang dilakukan oleh guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar