Selasa, 23 April 2024

Apa yang Ditulis?


Hendaknya lisan ini tidak bertutur kata kecuali yang baik-baik. Begitu pula tulisan, hendaknya tidak menulis kecuali yang bermanfaat bagi diri, keluarga, maupun orang lain.

Nabi shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda:

اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَعْجَزْ

“Semangatlah untuk menggapai sesuatu yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Alloh dan jangan lemah” [HR Muslim]

Kita bisa menulis berbagai macam hal, asalkan bermanfaat dan tidak menyelisihi kebenaran. Semisal:

  1. Faedah-faedah

Baik faedah-faedah ketika ikut kajian, sewaktu belajar ataupun faedah dalam keseharian, baik berupa ucapan ringan ataupun tanya jawab. Bisa jadi kumpulan dari faedah-faedah tersebut suatu ketika dicetak dalam buku tersendiri ataupun sebagai bahan untuk mengajarkan kepada orang lain.

  1. Ringkasan pelajaran

Hal ini bisa dipraktekkan ketika belajar ataupun mengajarkan kitab/buku yang agak tebal atau bahkan kitab yang berjilid-jilid. Hal ini bisa membantu pemahaman dari pelajaran secara keseluruhan.

  1. Penjelasan materi

Mencatat penjabaran ataupun faedah-faedah ketika belajar atau mengajar, bisa dijadikan acuan atau tambahan faedah untuk menjabarkan suatu ayat, hadits, atsar ataupun selainnya. Banyak pula kitab-kitab yang dicetak dengan model seperti ini, baik dalam bidang aqidah, ibadah maupun akhlak.

  1. Kisah-kisah

Bisa juga mengumpulkan kisah-kisah yang ada dalam Al-Quran, hadits, ataupun kisa-kisah nyata yang ada di kitabnya para ulama. Bisa juga mengumpulkan kisah-kisah tertentu (kisah-kisah para muallaf, kisah-kisah dai pedalaman, kisah pribadi dan sebagainya), kemudian dikumpulkan dan dicetak. Dengan harapan kisah-kisah tersebut bisa menjadi pelajaran dan motivasi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat.

  1. Terjemahan

Bagi pembelajar atau ahli Bahasa asing bisa mulai menulis dengan menerjemahkan kitab/buku yang sudah ada. Sehingga bisa dirasa manfaatnya bagi orang-orang yang belum bisa mempelajari dengan Bahasa aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar