Kamis, 11 Januari 2024

Bangunan Islam


عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ((بُنِيَ اْلاِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَّا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَاِقَامِ الصَّلَاةَ وَاِيْتَاءِ الزَّكَاةِ وَاْلحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ))

Dari Abdulloh bin Umar, dia berkata, “Aku mendengar Rosululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda: “Islam dibangun diatas 5 perkara, “Bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Alloh dan bahwasanya Muhammad adalah utusan Alloh, menegakkan sholat, menunaikan zakat, melaksanakan haji, dan puasa romadhon”. [HR Bukhori 8 dan Muslim 16]

Dalam hadits ini Rosululloh menggambarkan islam dengan sebuah bangunan yang ditopang oleh 5 tiang utama, yaitu: 

1.Dua kalimat syahadat

Makna dari syahadat tauhid (Laa ilaaha illalloh) ialah tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Alloh. Adapun syahadat rosul (asyhadu anna Muhammad rosululloh) ialah membenarkan apa-apa yang disampaikan, mentaati perintahnya, menjauhkan diri dari apa-apa yang beliau larang, serta tidak beribadah kepada Alloh melainkan dengan cara yang telah disyariatkan.

2. Menegakkan sholat

Sholat merupakan hubungan antara hamba dengan robbnya yang wajib dilaksanakan lima waktu dalam sehari semalam, sesuai dengan petunjuk Rosululloh shollallohu alaihi wasallam, sebagaimana sabdanya: 

صَلُّوْا كَمَا رَأَيْتُمُوْنِيْ أُصَلِّيْ

“Sholatlah kalian, sebagaimana melihat aku sholat.” [HR Bukhori 631]

3. Menunaikan zakat

Alloh telah mewajibkan zakat atas setiap muslim yang telah mencapai nishob dalam hartanya dengan syarat-syarat tertentu. Zakat maknanya adalah tambahan, penyucian dan berkah. Dinamakan demikian karena orang yang menunaikannya akan mendapatkan keberkahan pada hartanya dan akan membersihkan jiwa dari sifat-sifat tercela.

Hendaknya seorang muslim yang telah memiliki harta mencapai nishobnya mengeluarkan zakat ikhlas karena Alloh,.

4. Haji

Haji ke baitulloh merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang Alloh berikan kemampuan. Alloh berfirman: “Disana terdapat tanda-tanda yang jelas, diantaranya maqom Ibrohim. Barangsiapa memasukinya (baitulloh) amanlah dia. Dan diantara kewajiban manusia terhadap Alloh adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitulloh, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan kesana. Barangsiapa mengingkari kewajiban haji, maka ketahuilah bahwa Alloh Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam.” [QS Ali Imron (3) ayat 97]

5. Puasa romadhon

Hendaknya seorang muslim melaksanakan puasa romadhon dengan penuh keikhlasan dan mengharap pahala. Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ

“Barangsiapa puasa bulan romadhon dengan dasar iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah diperbuatnya” [HR Bukhori 1901 Muslim 760]


Ebook lengkapnya:

Panduan Menegakkan Sholat (Lengkap dan Praktis)

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar